Kamis, 26 Desember 2019

Daun sisik naga herbal alami penguras lendir di paru-paru

Daun sisik naga tumbuh dengan jarak yang pendek antara satu dengan lainnya. Daun tanaman ini bertangkai pendek dan berdaging tebal. Bentuk daunnya sama dengan uang logam picisan sehingga tanaman ini sering juga disebut sebagai picisan. Warna daun sisik naga yaitu hijau sampai hijau kecokelatan.

Meskipun kelihatannya tanaman ini tidak bernilai, ternyata dibalik itu sisik naga memiliki fungsi dan khasiat sebagai tanaman obat. Sisik naga memiliki kandungan senyawa kimia seperti polifenol, minyak atsiri, steroid, flavonoid, gula, dan tanin. Tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat, baik dalam keadaan segar maupun yang sudah dikeringkan. Tanaman ini dapat digunakan untuk mengatasi beragam penyakit seperti radang gusi, sariawan, pendarahan, rematik, TBC kelenjar (scrofula), dan kanker payudara.

Daun sisik naga herbal alami penguras lendir di paru-paru - Berdasarkan buku “Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia” jilid ke III (1995) karya Prof. H. M. Hembing Wijayakusama, daun dan seluruh bagian tubuh sisik naga dapat dipakai untuk mengobati luka luar atau penyakit kulit seperti kudis dan kurap. Cara pemakaiannya yaitu tanaman yang segar dilumatkan kemudian dibubuhi di tempat yang sakit atau bisa juga dengan cara direbus dan airnya dipakai sebagai air cuci pada luka.




Source : https://www.greeners.co/flora-fauna/sisik-naga-tumbuhan-epifit-berkhasiat-obat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar